Laman

Jumat, 28 Juli 2017

Swift Code

 SWIFT CODE
        
          Dunia maya menyediakan banyak fitur-fitur pembayaran elektronik untuk memudahkan transaksi pembayaran bagi para pelaku bisnis internet/online seperti contoh Paypal, Fasapay,Kaspay,Payoneer dll. ketika anda ingin mendaftar di salah satu alat pembayaran  virtual online tersebut, selain anda dimintai no.rekening, dan bank lokal milik anda tentu anda akan diminta memasukkan Swift code bank tempat anda menabung. disini saya akan berbagi sedikit tentang sift code. sebenarnya bukan hanya di dunia maya, ketika kerabat anda atau anda ingin mentransfer uang antar bank tapi berbeda negara anda tentu harus mengetahui swift code bank tujuan transfer.

        Swift Code adalah format standar dari Kode Identifier Bank (BIC) dan merupakan kode identifikasi unik untuk bank tertentu.
Kode-kode ini digunakan saat mentransfer uang antar bank, terutama untuk transfer Antar Bank internasional.
Bank juga menggunakan kode untuk bertukar pesan lainnya di antara mereka.

Kode Swift terdiri dari 8 atau 11 karakter. Bila kode 8 digit diberikan, itu mengacu pada kantor utama atau pusat.
Kode yang diformat seperti di bawah ini;

    AAAA BB CC DDD

    Pertama 4 karakter - kode bank (hanya huruf)
    Berikutnya 2 karakter - ISO 3166-1 alpha-2 kode negara (hanya huruf)
    Selanjutnya 2 karakter-kode lokasi (huruf dan angka)
    Terakhir 3 karakter - kode cabang, opsional ('XXX' untuk kantor utama) (huruf dan angka)

Contohnya seperti ini. apabila Kerabat saya yang ada diluar negri ingin mentransfer uang ke rekening saya di indonesia tentu pihak bank disana akan meminta swift code bank milik saya. 
misalnya tabungan saya BRI saya membuatnya di daerah surabaya jadi swiftcodenya adalah
BRINIDJA211. "BRINIDJA = Swift Code BRI pusat (apabila diminta 8 karakter)
221 adalah kode branch tempat saya membuat tabungan saya (apabila diminta 11 karakter).

nah bagi anda yang ingin mengetahui Swift code anda silahkan klik. 



Saat ini, ada lebih dari 40.000 kode Swift "live".  mitra yang secara aktif terhubung ke jaringan
Swift. Selain itu, ada lebih dari 50.000 kode tambahan, yang digunakan untuk transaksi manual. Kode tambahan ini ditujukan untuk peserta pasif.

Pendaftaran Swift Codes ditangani oleh Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication ("SWIFT")
dan kantor pusatnya berlokasi di La Hulpe, Belgia. SWIFT adalah merek dagang terdaftar dari S.W.I.F.T. SCRL
dengan alamat terdaftar di Avenue Adèle 1, B-1310 La Hulpe, Belgia. 

Demikian penjelasan singkat saya tentang Swift code semoga bermanfaat untuk anda semua.









0 komentar:

Posting Komentar